Minggu, 30 Agustus 2009

Pendekatan, Strategi Mengajar dan Prinsip Mengajar

A. Teacher Center Strategis
Strategi pembelajaran yang berpusat pada guru.
B. Material Center Strategis
Strategi pembelajaran yang berpusat pada materi.
C. Student Center Strategis
Strategi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.


* Mengajar sebagai usaha untuk menciptakan lingkungan yang mengoptimalkan kegiatan belajar.
* Tujuan mengajar adalah "membelajarkan siswa". Berarti meningkatkan kemampuan siswa untuk memproses, menemukan, dan menggunakan infrmasi bagi pengembangan dirinya dalam konteks lingkungannya.
* Pendekatan Humanistik. Setiap guru dalam kegiatan belajar mengajar ialah berusaha secara terus-menerus untuk membantu peserta didik membangun konsep bagi dirinya sendiri.

Strategi Mengajar

Strategi mengajar yaitu tindakan guru dalam melaksanakan rencana mengajar. Artinya, usaha guru dalam menggunakan beberapa variabel pengajaran (tujuan, bahan, metode dan alat serta evaluasi ) agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Prosesnya secara sistemik dan sistematis.

Ada 3 hal pokok yang harus diperhatikan oleh guru dalam melaksanakan strategi mengajar:
1. Tahapan mengajar
2. Penggunaan model/pendekatan mengajar
3. Penggunaan prinsip mengajar.

Ada 3 tahapan pokok dalam strategi mengajar :
1. Tahap pemula/prainstruksional
2. Tahap intruksional
3. Tahap penilaian dan tindak lanjut.

Prinsip Mengajar

Prinsip Mengajar yaitu usaha guru dalam menciptakan dan mengkondisikan situasi belajar mengajar agar siswa melakukan kegiatan belajar secara optimal.

Ada lima prinsip mengajar :
1. Motivasi intrinsik dan ekstrinsik
2. Kooperasi dan Kompetisi
3. Korelasi dan Integrasi
4. Aplikasi dan Transformasi
5. Indvidualitas